Menguak Lagu Lingsir Wengi Pengundang Kuntilanak

Lingsir wengi adalah lagu yang cukup terkenal di kalangan masyarakat indonesia, sejak Lagu ini dinyayikan oleh Julie Estelle yang dulu berperan sebagai Samantha di sebuah film Kuntilanak, lagu ini menjadi sangat fenomenal. mengingat lagu ini mempunyai nuansa dan intonasi yang mengundang misteri membuat masyarakat indonesia terutama wilayah jawa beropini bahwa lagu lingsing wengi memang berbau mistik dan negatif. bahkan ada yang mengatakan menyanyikan lagu Lingsir wengi akan mengundang makluk halus.

Ada yang percaya bahwa lagu lingsir wengi tidak boleh di nyanyikan dalam waktu tertentu. Hal tersebut diperkuat dengan banyak cerita dari sebagaian orang yang didatangi makluk halus dan kuntilanak setelah menyanyikan lagu tersebut. padahal jika kita telaah lebih mendalam tentang sejarahdan asal usul lagu lingsir wengi tersebut menyimpan hal yang baik dan patut untuk kita ketahui

Sumber gambar pitoxo.com

Berikut adalah sejarah Lagu Lingsir wengi

Lagu lingsir wengi adalah salah satu lagu yang diciptakan oleh Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga sendiri lahir di sekitar tahun 1450 SM yang biasa di sebut atau mempunyai nama kecil Raden Said. Beliau merupakan salah satu wali dari sembilan wali yang menyebarkan ajaran Islam di Nusantara. Hal-hal unik dilakukan oleh Sunan Kalijaga supaya menarik masyarakat nusantara memeluk agama Islam melalui media budaya Jawa seperti seni ukir, wayang kulit, gamelan dan lain sebagainya. Salah satu metode pendekatan Sunan kalijaga dengan masyarakat nusantara adalah dengan menciptakan lagu yang disukai masyarakat waktu itu, dan pada akhirnya terciptalah lagu lingsir wengi. Pada dasarnya, lagu lingsir wengi tersebut diciptakan untuk sebagai penolak bala dari godaan makhluk halus. Bukan seperti persepsi masyarakat sekarang yang menganggap bahwa lagu lingsir wengi adalah sebagian syarat mengundang makluk halus.

Sunan Kalijaga sendiri menggunakan pakem Durma di dalam penciptaan lagu lingsir wengi ini. Pakem Durma merupakan salah satu dari pakem gending Jawa yang terdapat di pakem Macapat. Lagu yang menggunakan pakem macapat mencerminkan watak yang berbeda-beda. Pakem Durma sendiri mencerminkan watak lagu penuh dengan sifat suram, sangar, keras sampai dengan kesedihan. Bahkan tak jarang orang mengungkapkan hal-hal  yang angker di dalam kehidupannya.

Hal tersebut yang menyebabkan lagu ini dinyanyikan dalam tempo yang pelan dan penuh dengan perasaan bahkan terasa sangat menyayat hati. Mungkin hal itulah yang menyebabkan banyak masyarakat setelah mendengarkan lagu ini menjadi ketakutan. bahkan saya pun juga merinding setelah mendengar lagu tersebut padahal saya sendiri tidak takut dengan hantu.

Jika diperhatikan secara saksama, arti lirik dari lagu lingsir wengi bisa diartikan  sebagai mantra tolak bala. Karena dalam liriknya, lagu ini mengandung doa yang semoga dijauhkan dari hal-hal yang buruk. Selain itu di dalam lagu tersebut juga mengingatkan kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan agar terhindar dari kutukan dan malapetaka. Jadi, anggapan masyarakat tentang lagu lingsir wengi ini adalah lagu pemanggil kuntilanak adalah sesuatu yang salah diartikan.

Bahkan, dahulu kala lagu lingsir wengi ini biasa dinyanyi oleh seorang ibu untuk menidurkan anaknya. Belum sampai di situ, tidak sedikit juga yang menyanyikannya setelah melaksanakan sholat malam sebagai ganti wirid. Hal tersebut dilakukan karena memang lagu ini mengandung arti sebagai permohonan dan doa kepada Tuhan.

Nah, penggunaan lagu lingsir wengi sebagai backsound dalam Film seri Kuntilanak ini menimbulkan masyarakat menyalah artikan maknanya. Sehingga membuat para pendengar lagu ini menjadi ketakutan akan didatangi oleh makhluk ghaib. Padahalsudah jelas sebenarnya lagu ini bukanlah pemanggil makhluk ghaib, setan bahkan kuntilanak sekalipun

semoga artikel ini membantu kamu yang penasaran akan asal-usul tentang lagu Lingsir wengi.

1 Response to "Menguak Lagu Lingsir Wengi Pengundang Kuntilanak"

  1. Hmm ternyata begitu ya terima kasih ya sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete